- Asap putih hasil pembakaran kendaraan disebabkan oli masuk ke ruang bakar, bisa disebakan karena : ring piston rusak, PCV rusak, seal katup rusak, dll
- Gigi transmisi yang netral sendiri disebabkan oleh syncromesh yang aus (syncronizer ring dan shifting key aus)
- Perpindahan gigi yang kasar disebabkan oleh kabel assy transmission yang kotor atau pelat kopling aus, atau tidak kembali sempurna menempel fly wheel. Atau dapat juga karena syncromesh nya
- Pada semprotan injektor tidak simetris (sengaja dibuat tidak simetris) karena menyesuaikan letak injektor terhadap konstruksi ruang bakar
- Kode ban, lebar ban/rasio ringvelg indeks beban kecepatan
- Tekanan AC normal pada TR 15-30 psi, pada TT 160-250 psi. Jika TR TT rendah biasannya karena freon terlalu sedikit, mungkin bocor, receiver bocor. Jika TR TT terlalu tinggi biasanya karena kebanyakan freon, ada uap air ikut beredar, kondensor tidak baik. Jika TR lebih tinggi dan TT lebih rendah, biasanya karena kompresor tidak bekerja dengan baik, atau bocor pada bagian yang berhubungan dengan kompresor.
- Ketika memeriksa alternator, F dihubungkan dengan body untuk mengukur tahanan rotor coil atau sikat dan slip ring. Jika B dihubungkan dengan N mengecek dioda +. Jika N dihubungkan dengan E mengecek dioda -
- Spek Oli SG lebih jelek daripada SJ, SN lebih baik dari SJ. Secara alfabetis, mendekati Z berarti semakin baik kualitas oli nya.
- Fungsi solenoid valve karburator pada sistem bahan bakar = menghentikan suplai bahan bakar yang menuju idle port sehingga tidak terjadi dieseling yaitu kendaraan dimatikan tetapi tetap hidup beberapa saat.
- Mengukur sudut dwell. Standar 8derajat sebelum TMA. Jika saat pengapian terlambat, distributor/ delco diputar melawan arah jarum jam. Dan sebaliknya/ Dwel tester = 52 -+ 2 derajat jika terlalu kecil maka celah platina terlalu besar. Dan sebaliknya.
- Power windows sulit dinaikan karena regulator-gerigi aus
- Grafik pengapian diesel, jika terlalu maju maka grafik lebih tinggi dari normal dan terbentuk detonasi.
- Tutup radiator pendingin 1,1 bar atau 13 psi.
- Lamda dalam emisi gas buang jika lebih dari 1 maka campuran terlalu kurus atau kebanyakan udara. Dan sebaliknya.
- Oversize 25 50 75 100. Misal 70,25 mm
- Sistem kemudi terbagi menjadi dua yaitu recirculating ball dan rack and pinion
- Tangan kanan faraday menunjukan medan magnet sedangkan arah induksi ditunjukan tangan kanan Fleming
Akhirnya aku remidi UTN di SMP N 1 Piyungan Yogyakarta. Pukul 13.30 sampai 16.00
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Mohon berkomentar yang sopan, dan tidak iklan.